Rabu, 29 Mei 2013

Sumbermanjing wetan, Malang

Posted by Agriecendekia Brawijaya On 10:53 AM | No comments
Sumbermanjing wetan, Malang
Sumbermanjing wetan merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Malang, provinsi Jawa timur, Indonesia. Sumbermanjing wetan merupakan salah satu kecamatan di kawasan Malang timur selatan yang memiliki pantai terpanjang bila dibanding kecamatan yang lain. Dengan topografi wilayah pegunungan, kecamatan ini berbatasan langsung dengan samudera Indonesia. Di kecamatan ini terdapat pantai Tamban dan Sendangbiru. Ada pula pulau Sempu, di dalamnya terdapat Segoro anakan. Rencananya kedua pantai tersebut akan dijadikan pelabuhan internasional. Tamban untuk pelabuhan umum sedangkan Sendangbiru untuk pelabuhan ikan nusantara.
I.                   Letak geografis
A.    Selatan
Batas kecamatan Sumbermanjing wetan di bagian selatan adalah samudra Indonesia. Samudra Hindia, samudra Indonesia, atau samudra Hindia adalah lautan terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air di bumi. Total luas dari samudra ini adalah 68.556 Juta km2. Titik terdalamnya berada di palung Jawa sedalam -7.258 m.
B.     Barat
Kecamatan Sumbermanjing juga berbatasan dengan kecamatan Gedangan. Gedangan sendiri adalah sebuah kecamatan di kabupaten Malang.  Kecamatan ini merupakan kecamatan paling selatan dari kabupaten Malang, yang memiliki kontur bergunung dan samudra.
C.     Utara
Bagian utara kecamatan Sumbermanjing berbatasan dengan kecamatan Turen. Turen sebagai pusat aktivitas masyarakat memiliki sejarah yang sangat panjang.
D.    Timur
Bagian timur kecamatan ini berbatasan langsung dengan kecamatan Dampit dan Tirtoyudo. Kecamatan Dampit secara geografis terletak di sebelah tenggara 36 km dari kota Malang. Luas wilayah kecamatan Dampit adalah 135.300 km2. Secara umum struktur tanah di wilayah kecamatan Dampit merupakan jenis tanah [edsolik dengan topografi sebagian merupakan daratan dan pegunungan dengan ketinggian 300-460 m di atas permukaan laut, dengan kemiringan kurang dari 40%. Curah hujan rata-rata 1.419 mm setiap tahun.
Tirtoyudo adalah sebuah kecamatan di kabupaten Malang, provinsi Jawa timur , Indonesia. Kecamatan ini sebagian besar peduduknya berprofesi sebagai petani. Tirtoyudo sangat dekat dengan gunung Semeru, kurang lebih 15 km dari kaki Semeru.
Keterangan gambar : Peta lokasi kecamatan Sumbermanjing Wetan


I.                   Desa di kecamatan Sumbermanjing wetan

A.    Argotirto
B.     Druju
C.     Harjo kuncaran
D.    Kedungbanteng
E.     Klepu
F.      Wringin kembar
G.    Ringin sari
H.    Sekarbanyu
I.       Siti arjo
Siti arjo merupakan sebuah desa di wilayah kecamatan Sumbermanjing wetan, kabupaten Malang. Desan ini terletak 60 km ke arah selatan dari pusat kota Malang. Penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dan juga pegawai negeri, pedagang, dll.
J.       Sumberagung
K.    Sumbermanjing wetan
L.     Tambaksari
Desa Tambakrejo sendiri terdiri dari dua perdukuhan, yaitu dukuh Tambakrejo dan dukuh Sendang biru. Dukuh Sendang biru merupakan daerah pesisir pantai dengan wilayah pantainya yang berhadapan dengan pulau Sempu. Kawasan sendang biru tidak memiliki sungai permanen, namun topografi yang berupa perbukitan memberikan sumbangan besar bagi Run off yang masuk kedalam perairan laut maupun permukaan. Sumber air berasal dari air tanah dangkal dan sumber air tanah dalam. Air tanah dalam berpotensi menjadi sumber air bersih untuk minum dan memasak (Kautsar,2006).
Sedangakan dataran pulau Sempu memiliki topografi dari daratan yang berbukit-bukit dengan medan berlereng sedang hingga curam pada ketinggian 50-100m dari permukaan laut.
Jenis tanah terdiri dari latosol, andisol,dan relatif sedikit aluvial. Tanah latosol memiliki ciri berwarna merah karena tingginya ikatan Fe dan Al, tanah ini subur tetapi mudah mengalami erosi karena rendahnya keeratan antar partikel, sedangkan tanah andisol memiliki ciri subur, mudah erosi, sesuai untuk tanaman tahunan. Secara umum tingkat kesuuburan tanah di Desa Tambak Rejo pada keadaan tingkat kesuburan sedang.

Tabel 7 Tingkat kesuburan tanah di Desa Tambak Rejo

Tingkat kesuburan
Luas (ha)

Sangat subur
29

Subur
42
Sedang
298.215
Tidak subur/kritis
-
Jumlah
369.215
                                   
                                      
Sumber: Data monografi Desa Tambak Rejo 2003
 



II PEKERJAAN MASYARAKAT DI DESA SUMBERMANJING , MALANG

sebagaian masyarakat sumbermanjing bekerja sebagai petani, sebagian besa mereka menanam padi. selain padi mereka juga menanam berbagai macam tanaman budidaya , diantaranya teh, jagung, kelapa, ubi kayu cengkeh, kopi robusta, tebu kapuk randu, tanaman obat, hingga jenis kayu seperti mahoney, jati sengon dll. tanah desa sumbermanjing ini berpotensi untuk budidaya, hal ini di sebabkan tanah di desa sumbermanjing ini terbilang subur. hasil produksinya lumayan besar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogroll

About