Senin, 03 Juni 2013

Posted by Unknown On 8:05 AM | 1 comment
Hasil Tambang Batu Kapur Piropilit  di wilayah Sumbermanjing Wetan

Batu Kapur Piropilit di Sumber Manjing Wetan
            
Sebuah pabrik semen akan dibangun di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kepala Kantor Penanaman Modal Kukuh Banendro mengungkapkan, PT Senopati Dirgantara Perkasa siap menggelontorkan investasi Rp 3-4 triliun.Investasi jumbo untuk ukuran Malang  ini disiapkan PT Senopati dengan menggandeng investor asing dan investor domestik. Perusahaan yang dikenal berbisnis aspal dan stasiun pengisian bahan bakar elpiji ini akan membangun pabrik semen di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.
            Investor telah siap, tinggal menunggu persetujuan DPR soal peta wilayah pertambangan, Demikian pula pemerintah berkomitmen memberi izin lokasi.Untuk sementara, rencana investasi tersebut belum bisa dieksekusi karena moratorium tambang batuan dan mineral masih diberlakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Senopati berminat membangun pabrik semen setelah melihat ribuan hektare pertambangan batu kapur atau karst yang menjadi bahan baku utama semen di daerah sumbermanjing tersebut. Sekitar 60 persen pertambahan batu kapur berada di lahan milik Perhutani dan selama ini ditambang secara tradisional oleh masyarakatkecamatan sumbermanjing wetan.

Tempat Penambangan Batu Kapur Piropilit di Sumber manjing Wetan

            Senopati sudah mengincar potensi bahan baku semen yang melimpah di wilayah selatan Kabupaten Malang sejak 2009. Saat itu perusahaan berencana menanamkan modal sekitar Rp 2,5 triliun.Selain Senopati, Grup Bosowa juga berminat membangun pabrik semen. Keseriusan ini dibuktikan dengan kunjungan Aksa Mahmud  ipar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bos Bosowa, ke Malang pada Mei 2007. Saat itu Bosowa hendak berinvestasi Rp 1,5 triliun sampai Rp 2 triliun. Pabrik semen yang direncanakan berkapasitas produksi 2 juta ton per tahun.

Hasi Tambang Batu Kapur Piropilit


            Kapasitas tersebut disesuaikan dengan hasil studi kelayakan yang dilakukan Dinas ESDM dan Lingkungan Hidup Malang pada April-Desember 2005. Diperkirakan, potensi bahan baku semen yang terdapat di Kabupaten Malang sebanyak 60 miliar meter kubik. Sejauh ini, baru ditambang 5 persen oleh sekitar 25 pengusaha tambang berskala kecil. Kebanyakan mereka beroperasi di wilayah Sumbermanjing Wetan dan Gedangan.Selain di dua kecamatan itu, potensi bahan semen juga tersebar di Kecamatan Bantur, Pagak, dan Kalipare. Seluruh potensi bahan semen bisa ditambang selama 600 tahun, dengan asumsi eksplorasi dua juta meter kubik per tahun. Sedangkan yang akan ditambang hanya 25 miliar meter kubik.

1 komentar:

  1. Bagaimana cara mendapatkan batu piropilit pabila saya pergi ke daerah sumbermanjing?

    BalasHapus

Blogroll

About