Minggu, 02 Juni 2013

Profil Wilayah

Posted by Agriecendekia Brawijaya On 11:47 PM | No comments
Sumbermanjing adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan topografi wilayah berupa pegunungan, kecamatan ini berbatasan langsung dengan samudera indonesia.
Kecamatan Sumbermanjing du bagi menjadi 2 Yaitu :
1.       Sumber Manjing Wetan.




Wilayah Kecamatan SumbermanjingWetan yang terletak di Malang Selatan yang berbatasan dengan sebelah Utara Kecamatan Turen sebelah Timur Kecamatan Dampit dan Kecamatan Tirtoyudo,sebelah Barat Kecamatan  Gedangan dan Kecamatan Pagelaran sebelah Selatan samodra Indonesia Kecamatan terluas di Kabupaten Malang. Dengan topografi wilayah berupa pegunungan, kecamatan ini berbatasan langsung dengan samudera indonesia.  Di kecamatan ini terdapat pantai Tamban  dan Sendangbiru . Seberang pantai Sendangbiru terdapat pulau Sempu ,di dalam pulau tersebut terkenal dengan Segoro anakan. Rencananya Tamban dan Sendangbiru akan dijadikan pelabuhan interasional. Tamban untuk pelabuhan umum, sedangkan Sendangbiru untuk pelabuhan ikan nusantara.

2.       Sumber Manjing Kulon.
Sumbermanjing Kulon adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. jumlah penduduk desa Sumbermanjing Kulon sebanyak 2475 jiwa. Penduduk menurut jenis kelamin meliputi : laki-laki sebanyak 4187 jiwa dan perempuan sebanyak 4172 jiwa. Sedangkan penduduk menurut pendidikan yang ditamatkan adalah SD : 2785 jiwa, SMP/Sederajat 1637 jiwa, SMA/Sederajat: 2400 jiwa, D3: 160 jiwa, S1: 277 jiwa.

Jumlah penduduk menurut mobilitas/mutasi penduduk lahir: 29 jiwa, meninggal: 27 orang, datang: 25 orang, pindah: 16 orang. Sedang jumlah penduduk menurut mata pencaharian adalah karyawan: 349 orang, wiraswasta: 1027 orang, tani: 2750 orang, pertukangan 337 orang, buruh tani: 857 orang, pensiun: 173 orang, jasa: 647 orang

sebagaian masyarakat sumbermanjing beragama kristiani dan  bekerja sebagai petani, sebagian besa mereka menanam padi. selain padi mereka juga menanam berbagai macam tanaman budidaya , diantaranya teh, jagung, kelapa, ubi kayu cengkeh, kopi robusta, tebu kapuk randu, tanaman obat, hingga jenis kayu seperti mahoney, jati sengon dll. tanah desa sumbermanjing ini berpotensi untuk budidaya, hal ini di sebabkan tanah di desa sumbermanjing ini terbilang subur. hasil produksinya lumayan besar

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About