Senin, 03 Juni 2013

Posted by Unknown On 8:33 AM | No comments
Kekayaan alam berupa pasir besi di wilayah Sumbermanjing Wetan

Tempat Penambangan Pasir Besi Kecamatan Sumber Manjing

            Pantai-pantai yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, diperkirakan memiliki potensi hasil tambang yang cukup besar terutama tambang pasir besi. Terdapat  14 pantai di kawasan pesisir selatan Malang berpotensi memiliki kandungan hasil tambang.Hanya saja potensi hasil tambang yang cukup besar itu hingga saat ini belum bisa dieksploitasi secara maksimal karena belum ada investor yang berani mengajukan pengelolaan akibat terganjal UU Kehutanan.
            Hampir semua pantai yang mengandung tambang pasir besi itu berada di kawasan (lahan) Perum Perhutani. Sehingga, investor yang mengajukan izin pengelolaan tambang tersebut harus lolos perizinannya dulu dari Perhutani.Ia mengemukakan, banyak aturan yang menghambat investasi di Kabupaten Malang, sehingga banyak investor besar yang mengurungkan niatnya akibat terbentur peraturan dari Perhutani.





Tempat Penambangan Pasir Besi di pantai sendang Biru



            Ke-14 pesisir pantai selatan yang berpotensi mengandung hasil tambang itu di antaranya adalah Pantai Tamban dan Sendangbiru di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Pantai Balekambang dan Gondangbandung di Kecamatan Bantur, Pantai Ngliyep serta Pantai Wonogoro di Kecamatan Donomulyo.Menyinggung besaran potensi tambang di 14 titik pantai itu Budi mengatakan, pihaknya belum melkaukan penelitian secara detail terkait besaran potensi (kandungannya). Namun, kepastian adanya potensi hasil tambang sudah dilakukan penelitian beberapa waktu lalu.Secara umum iklim investasi di wilayahnya sampai saat ini masih terhambat oleh aturan yang bersentuhan dengan lahan milik Perhutani.Di wilayah Kabupaten Malang ini banyak sekali titik-titik lahan Perhutani. Para investor  yang ingin  menginvestasikan dananya pasti terbentur lahan Perhutani, kondisi ini yang menghambat, bahkan wilayah Malang selatan terkesan terisolir karena sebagian wilayahnya adalah kawasan hutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About